Apa Itu USPH dan Mengapa Penting bagi Kapal Pesiar?

Kapal Pesiar Ms Amera yang bersandar di pelabuhan Amerika berhasil lulus inspeksi USPH dengan nilai sempurna 100 poin. PHOTO CREDITS: Crew Center/ fb.

DENPASAR, NETIZENBALI.com - USPH adalah singkatan dari United States Public Health, yaitu sebuah badan yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengatur standar sanitasi dan keselamatan di kapal pesiar.

USPH melakukan inspeksi secara berkala dan tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk memeriksa kebersihan, penanganan makanan, pengelolaan limbah, kualitas air, sistem ventilasi, dan fasilitas medis di kapal pesiar.

Secara umum, kapal pesiar yang berlayar ke atau dari pelabuhan AS akan diperiksa dua kali setahun oleh USPH. Namun, USPH juga bisa melakukan inspeksi tambahan jika ada alasan untuk mencurigai adanya pelanggaran atau risiko kesehatan.

Inspeksi USPH biasanya berlangsung selama 3-4 jam dan melibatkan pemeriksaan menyeluruh terhadap semua aspek sanitasi dan keselamatan di kapal pesiar.

USPH juga memantau penyakit gastrointestinal dan menanggapi wabah yang terjadi di kapal pesiar. USPH memberikan pelatihan kepada karyawan kapal pesiar tentang praktik kesehatan penumpang dan awak kapal.

"USPH sangat dikhawatirkan oleh awak kapal pesiar karena inspeksi mereka sangat ketat dan menuntut. Jika kapal pesiar tidak memenuhi standar USPH, mereka bisa mendapat nilai rendah atau bahkan dilarang bersandar di pelabuhan tertentu," ungkap Nikki Johnson mengomentari postingan di halaman Crew Center .

Lebih lanjut dikatakan, USPH juga bisa menyebabkan stres dan beban kerja yang tinggi bagi awak kapal pesiar, karena mereka harus selalu menjaga kebersihan dan sanitasi di setiap area kapal.

Oleh sebabnya, USPH bisa mempengaruhi reputasi dan pendapatan kapal pesiar, karena jika ada wabah penyakit atau insiden sanitasi yang buruk, media bisa memberitakannya secara negatif dan mengurangi minat penumpang untuk berlayar dengan kapal pesiar tersebut.

Kapal pesiar bisa dilarang bersandar di pelabuhan tertentu, terutama di AS, jika mereka tidak memperbaiki pelanggaran atau kekurangan yang ditemukan oleh USPH. (NB)


TAGS :

Related Articles

- Musk arrives in Bali for planned Starlink launch

- Kapal Pesiar ‘Serenade of the Seas’ Menjelajahi Setengah Bumi

- Pelayaran Transatlantik Odyssey of the Seas: Menjelajahi Lautan Menuju Eropa

- Pengalaman Mengesankan Menggunakan Internet Starlink di Kapal Pesiar Royal Caribbean

- [PHOTO] Lelakut Festival 2024: Creative Scarecrows!

Komentar