Satelit Merah Putih 2 Siap Meluncur dengan Roket Falcon 9 Milik Elon Musk!

Penampakan satelit Merah Putih 2 di 'dapur' Thales Alenia Space. Foto: Telkom

DENPASAR, NETIZENBALI.COM - Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak perusahaannya, Telkomsat, akan meluncurkan satelit dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) pada 20 Februari 2024, waktu Florida atau 21 Februari 2024, waktu Indonesia. Satelit ini dinamai Merah Putih 2 dan akan diluncurkan langsung dari Cape Canaveral, Florida menggunakan roket Falcon 9.

Satelit Telkomsat HTS 113BT ini merupakan penyedia layanan satelit terkemuka di Indonesia. Jika peluncuran berjalan sesuai jadwal, ini akan menjadi peluncuran ketiga dari Space Coast of Florida dalam seminggu. Sebelumnya, SpaceX telah meluncurkan roket Falcon 9 untuk misi keamanan nasional USSF-124 yang rahasia dari Launch Complex 40 pada 14 Februari.

Kemudian, beberapa jam setelahnya, Intuitive Machines Nova-C lander membawa muatan ilmiah dan komersial NASA meluncur dengan roket Falcon 9 sebagai bagian dari program NASA’s Commercial Lunar Payload Services. Peluncuran pertama terjadi pada pukul 1:05 pagi, dan tahap pertama roket Falcon 9 mendarat pada pukul 1:13 pagi, menyelesaikan misi ke-18nya.

Roket Falcon 9 akan terbang dalam lintasan ke timur dari Launch Complex 40. Satelit ini akan memberikan kapasitas lebih dari 32 gigabit per detik di Indonesia dan memiliki masa operasi yang diharapkan selama 15 tahun.

Kini, satelit Merah Putih 2 itu sudah di landasan pacu peluncuran dan akan dibawa roket Falcon 9 milik Elon Musk ke slot orbit 113 derajat Bujur Timur.

Jika Anda ingin menyaksikan peluncuran roket secara langsung, tim Space Team dari FLORIDA TODAY akan memberikan pembaruan sekitar 90 menit sebelum peluncuran di floridatoday.com/space. Anda juga dapat menyaksikan peluncuran roket dari Brevard County, terutama di sepanjang pantai. Pastikan untuk memperhatikan kondisi cuaca dan mengikuti aturan yang berlaku di lokasi pantai. (NB)


TAGS :

Related Articles

- Mengudara Tanpa Henti, Rute Terpanjang New York ke Singapura

- Pelantikan Pengurus AJV Yogyakarta 2024, Mendorong Kebebasan Pers dan Profesionalisme

- KPID Bali Hadiri Live HUT TVRI Bali ke-46

- Taman Sangkur, Kisah Pertempuran Perang Sangkur di Kota Negara

- Musk arrives in Bali for planned Starlink launch

Komentar